Senin, 18 Juni 2012

RPP kelas 4 matematika SD

yuk cek RPP kelas 4 SD mata pelajaran matematika..
sub bahasan Sifat Komutatif..:)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                      : SD Negeri 033 Tarakan
Kelas/ Semester         : IV (Empat) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran           : Matematika
Pokok Bahasan          : Sifat Pertukaran (Komutatif)
Alokasi Waktu          : 1 x 15 menit

A.    Standar Kompetensi
1.      Memahami dan menggunakan sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan dalam menyelesaikan masalah

B.     Kompetesi Dasar
1.1  Mengidentifikasi sifat-sifat pengerjaan hitung

C.    Indikator
1.1.1        Mengenal sifat operasi hitung komutatif
1.1.2        Menggunakan sifat operasi hitung komutatif

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengenal sifat operasi hitung komutatif
2.      Siswa dapat menggunakan sifat operasi hitung komutatif

E.     Materi Pokok / Sub Materi Pokok
1.      Sifat Pertukaran (Komutatif)

F.     Metode Pembelajaran
Demonstrasi

G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
                      a.      Salam, Do’a, Presensi, mempersiapkan alat peraga, dan mempersiapkan siswa untuk belajar baik secara fisik maupun mental.
                     b.      Menjelaskan Tujuan Pembelajaran.
                      c.      Motivasi : Siapa tahu 1 + 2 ? kalau dibalik 2 + 1 sama tidak hasilnya?
                     d.      Pengetahuan prasyarat : Sifat apakah itu ?
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.       Guru menunjukkan di layar bertuliskan angka berbeda pada warna yang berbeda pula, masing-masing angka ditulis 2 kali.
b.      Siswa diminta untuk mengamati dan menghitung apakah hasil penjumlahan tersebut sama setelah ditukar letak angkanya.
c.       Bersama-sama menyimpulkan hasil simulasi dan menuliskan rumus formulasi sifat pertukaran (Komutatif) terhadap penjumlahan.
d.      Guru menyuruh siswa untuk mengulangi dengan angka yang berbeda.
Elaborasi
a.       Guru membuat kalimat matematika seperti simulasi di atas untuk pengurangan dengan sifat pertukaran (Komutatif).
b.      Siswa diminta untuk mengamati dan menghitung apakah hasil penjumlahan tersebut sama setelah ditukar letak angkanya.
c.       Bersama-sama guru dan siswa membuktikan bahwa pengurangan tidak bersifat pertukaran (komutatif).
d.      Guru membuat kalimat matematika seperti simulasi sebelumnya untuk kalimat matematika perkalian.
e.       Siswa diminta untuk mengamati dan menghitung apakah hasil perkalian tersebut sama setelah ditukar (komutatif).
f.       Bersama-sama menyimpulkan hasil simulasi dan menuliskan rumus formulasi sifat pertukaran (Komutatif) terhadap perkalian.
Konfirmasi
a.       Guru memberikan latihan kemudian meminta siswa mengerjakan soal di buku paketnya.
b.      Guru memberikan penghargaan atas hasil kerja siswa.

3.       Kegiatan Akhir
                           a.      Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi dengan mengelompokkan bahwa hanya penjumlahan dan perkalian yang dapat bersifat komutatif.

H.    Penilaian
Tekhnik    : Tertulis
Bentuk     : isian
Soal & Instrumen ( terlampir )

I.       Sumber Belajar
1.      Buku BSE Matematika SD Kelas IV penerbit Departemen Nasional RI





LKS


Lengkapi titik-titik berikut ini agar sesuai dengan sifat komutatif pada penjumlahan !

1.      13 + 27 = . . . . + 13
2.      125 + 275 = . . . . + 125
3.      15 x 2 = . . . . x 15
4.      . . . . . x 5 = 5 x 12           
5.      212 + . . . . = 488 + 212


Kunci LKS
1.      13 + 27 = 27 + 13
2.      125 + 275 = 275+ 125
3.      15 x 2 = 2 x 15
4.      12 x 5 = 5 x 12    
5.      212 + 488 = 488 + 212






Pedoman Penskoran
No.
Keterangan
Skor
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Semua jawaban terisi benar
Empat jawaban terisi benar
Tiga jawaban terisi benar
Dua jawaban terisi benar
Satu jawaban terisi benar
Tidak ada jawaban terisi benar
10
8
6
4
2
0
Skor maksimal
10





Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI …….




( Jero Budi Darmayasa)
NIP : 111684801

Tarakan, 05 Juni 2012  
Guru kelas IV SDN 033




        ( Ramlah )
NIP : 10601050033






Lampiran

Kamu telah mengenal operasi hitung bilangan, yaitu
penjumlahan, perkalian, pengurangan, dan pembagian. Tahukah
kamu, sifat-sifat apa saja yang berlaku pada operasi hitung
tersebut? Mari kita selidiki dan pelajari bersama.
1.      Sifat Pertukaran (Komutatif)
b.      Jumlah kan bilangan tersebut.
4 + 5 = 9                
                               jadi,  4+5 = 5+4
 5 + 4 = 9
Ternyata hasil penjumlahan tetap sama dengan suku yang dibalik (ditukar)

c.      Kurangkan bilangan tersebut.

4 - 5 = 9                 
                               jadi,  4-5 ≠ 5-4
 5 - 4 = 9
Ternyata hasil pengurangan tidak sama, oleh karena itu, pengurangan tidak bersifat komutatif

d.      Kalikan bilangan tersebut.
4 - 5 = 9                 
                               jadi,  4x5 = 5x4
 5 - 4 = 9
Ternyata hasil perkalian tetap sama dengan suku yang dibalik (ditukar)

Seperti pada penjumlahan, ternyata perkalian dengan suku yang dibalik tidak mengubah hasilnya. Dapat kamu buktikan sendiri untuk perkalian-perkalian yang lain, kemudian membaliknya. Apakah diperoleh hasil yang sama?


Nah, sifat seperti itulah yang disebut sifat pertukaranatau sifat komutatif. Mari kita tuliskan kesimpulannya bersamasama.
Dalam penjumlahan dan perkalian bilangan berlaku sifat pertukaran atau sifat komutatif, yaitu:

a + b = b + a
a × b = b × a

lengkap banget yah RPP-nya, hhe
cocok banget kalo kamu-kamu yang lagi kuliah di jurusan pgsd..atau yang lagi jadi guru SD..:)