Kamis, 19 Januari 2012

Lirik Lagu No Other By Super Junior :)

ini nih Lirik Lagu "No Other" , 
Let's sing..yeeaaahhhh..!!!!!!! :)
come on..

[Siwon] Neo gateun saram tto eopseo juwireul dureobwado geujeo georeohdeongeol eodiseo channi
Neo gatchi joheun saram neo gatchi joheun saram neo gatchi joheun ma eum neo gatchi joheun seonmul
[Yesung] Neomu dahaeng iya aesseo neorel jikyeojul geu sarami baro naraseo eodiseo channi
Na gatchi haengbokhan nom na gatchi haengbokhan nom na gatchi unneun geureon choegoro haengbokhan nom

[Ryeowook] Neoui ttatteuthan geu soni chagapge, chagapge shikeo isseul ttae

Neoui ganghaetdeon geu maeumi nal karopge sangcheo badasseul ttae
[Donghae] Naega jaba julge anajulge salmyeoshi, geugeoseuro jakeun iroman dwendamyeon johgesseo
Eonjena deo maneun geol haejugo shipeun nae mam neon da mollado dwae

[Kyuhyun] Gaseumi sorichyeo marhae jayuro-un nae yeonghon

Eonjena cheo-eumui imaeum euro neoreul saranghae georeo watdeon shiganboda nameun nari deo manha

[Heechul] Neo gateun saram tto eopseo juwireul dureobwado geujeo georeohdeongeol eodiseo channi

Neo gatchi joheun saram neo gatchi joheun saram neo gatchi joheun ma eum neo gatchi joheun seonmul
[Eunhyuk] Neomu dahaeng iya aesseo neorel jikyeojul geu sarami baro naraseo eodiseo channi
Na gatchi haengbokhan nom na gatchi haengbokhan nom na gatchi unneun geureon choegoro haengbokhan nom

[Yesung] Naui ganan haetdeon maeumi nunbushige jeomjeom byeonhaegal ttae
Jakeun yokshimdeuri deoneun neomchiji anhge nae mamui geureut keojyeogalttae
[Sungmin] Argo isseo geu modeun iyuneun bunmyeonghi nega isseo ju-eotdaneun geot geu, geot ttak hana ppun
Eonjena gamsahae naega mankeum geuri jalhal su iggenni yeah

[Leeteuk] Gaseumi sorichyeo marhae jayuro-un nae yeonghon

Eonjena cheo-eumui imaeum euro neoreul saranghae georeo watdeon shiganboda nameun nari deo manha

[Ryeowook] Neo gateun saram tto eopseo juwireul dureobwado geujeo georeohdeongeol eodiseo channi

Neo gatchi joheun saram neo gatchi joheun saram neo gatchi joheun ma eum neo gatchi joheun seonmul
[Heechul] Neomu dahaeng iya aesseo neorel jikyeojul geu sarami baro naraseo eodiseo channi
Na gatchi haengbokhan nom na gatchi haengbokhan nom na gatchi unneun geureon choegoro haengbokhan nom

[Eunhyuk] Itjanha jogeum aju jogeum na sujupjiman neon molla sokeun taeyangboda tteugeoweo nae mam jom arajweo

TV show-e na oneun girl deureun mudae-eseo bichi nandedo neon eonjena nunbushyeo ([Shindong] naega michyeo michyeo baby)
Saranghandan neoui mare sesangeuk da gajin nan You & I, look so fine neo gateun saram isseulkka
[Shindong] Saranghae oh, negeneun ojik neoppun iran geol babo gateun na-egeneun jeonburaneungeol arajweo

[Kyuhyun] Gateun gireul georeo wasseo urin seoro dalpagago itjanha nolla-ul ppuniya goma-ul ppuniya saranghal ppuniya


[Sungmin] Neo gateun saram tto eopseo juwireul dureobwado geujeo georeohdeongeol eodiseo channi

Neo gatchi joheun saram neo gatchi joheun saram neo gatchi joheun ma eum neo gatchi joheun seonmul
[Siwon] Neomu dahaeng iya aesseo neorel jikyeojul geu sarami baro naraseo eodiseo channi
Na gatchi haengbokhan nom na gatchi haengbokhan nom na gatchi unneun geureon choegoro haengbokhan nom
[Ryeowook] Neo gateun saram tto eobseo

hayoo..gimna Liriknya?? 
udah hapaL beLom?? hayoo dihapaL yah..:*
hhe..:D
Good Luck Guys..:*


Kamis, 12 Januari 2012

RPP Tematik Kelas 2 Semester 2

waahh, akhinya RPP buatanku sendri jadi juga, meskipu kurag memuaskna, tpi ALhamduLiLLah bisa nyelesain tgas dr dsen pas semester 3 ini..-,- pyuuhh..

taaaarrrrrrrrrrrrrraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa......!!!!!!!!!!!!!
ini nih hasiLnya..:)
dibaca yah..:D











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Tema                                 : Peristiwa
Kelas/ Semester                : 2 (Dua) / 2 (Dua)
Sekolah                             : SD Negeri 033 Tarakan
Alokasi Waktu                 : 4 x 35 menit


A.      Standar Kompetensi
IPS
1.1                   Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
IPA
1.1         Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari
Bahasa Indonesia
1.1         Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
1.2         Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
1.3         Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
1.4         Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
B.       Kompetesi Dasar
IPS
1.1.1    Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
                   IPA
1.1.1    Mengidentifikasi kenampakan matahari  pada pagi, siang dan sore hari.

Bahasa Indonesia
1.1.3    Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
C.    Indikator
Pertemuan 1
1.1.1.1  Mengenal kedudukan dan peran ayah, ibu dan anak dalam keluarga ( IPS )
1.1.1.2  Menjelaskan pengertian dokumen ( IPS )
1.1.1.3  Menyebutkan macam – macam dokumen ( IPS )
1.1.1.4  Membedakan kedudukan matahari pada pagi hari ( IPA )
1.1.1.5  Membedakan kedudukan matahari pada siang hari ( IPA )
1.1.1.6  Membedakan kedudukan matahari pada sore hari ( IPA )
Pertemuan 2
1.1.1.1  Menceritakan kembali teks yang didengar ( Bahasa Indonesia )
1.1.1.2  Menjawab pertanyaan berdasarkan teks ( Bahasa Indonesia )
1.1.1.3  Mengenal pentingnya memelihara dokumen ( IPS )
1.1.1.4  Membedakan panas matahari pagi hari. ( IPA )
1.1.1.5  Membedakan panas matahari siang hari ( IPA )
1.1.1.6  Membedakan panas matahari sore hari. ( IPA )
D.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
·         Siswa dapat mengenal kedudukan dan peran ayah, ibu dan anak dalam keluarga ( IPS )
·         Siswa dapat menjelaskan pengertian dokumen ( IPS )
·         Siswa dapat menyebutkan macam – macam dokumen ( IPS )
·         Siswa mampu membedakan kedudukan matahari pada pagi hari ( IPA )
·         Siswa mampu membedakan kedudukan matahari pada siang hari ( IPA )
·         Siswa mampu membedakan kedudukan matahari pada sore hari ( IPA )


Pertemuan 2
·         Siswa mampu mendengar dengan baik teks yang dibacakan oleh guru ( Bahasa Indonesia )
·         Siswa mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks ( Bahasa Indonesia )
·         Siswa dapat mengenal pentingnya memelihara dokumen ( IPS )
·         Siswa mampu membedakan panas matahari pagi hari. ( IPA )
·         Siswa mampu membedakan panas matahari siang hari ( IPA )
·         Siswa mampu membedakan panas matahari sore hari. ( IPA )
E.     Karakter siswa yang di harapkan
Pertemuan 1
·         Disiplin ( Discipline )
·         Tekun ( diligence )
·         Tanggung jawab ( responsibility )
·         Ketelitian ( carefulness)
·         Percaya diri ( Confidence )
·         Keberanian ( Bravery )         
Pertemuan 2
·         Disiplin ( Discipline )
·         Tekun ( diligence )
·         Percaya diri ( Confidence )
·         Keberanian ( Bravery )
F.       Materi Ajar/ Materi Pokok
Pertemuan 1
·           Dokumen Keluarga
·           Teks panjang 20-25 kalimat
·           Kedudukan matahari
Pertemuan 2
·           Teks atau cerita pendek
·           Pertanyaan berdasarkan teks
·           Gambar
·           Materi yang membedakan matahari pagi, siang dan sore hari
G.    Metode Pembelajaran
  • Pendekatan     : Tematik
  • Model              : Pembelajaran Langsung
  • Metode           
Pertemuan 1 : Gambar & Gambar, Demonstrasi, tanya jawab, penugasan.
Pertemuan 2 : Tongkat Berbicara, Demonstrasi, tanya jawab, penugasan.
H.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1( 2 x 35)
1.         Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1)      Salam, Do’a, Presensi, mempersiapkan alat peraga, dan mempersiapkan siswa untuk belajar baik secara fisik maupun mental.
2)      Menjelaskan / menyampaikan tujuan Pembelajaran yang akan disampaikan
3)      Motivasi ( menanyakan kepada siswa, apakah dirumah mempunyai foto keluarga, atau album keluarga )
2.        Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
1)      Guru menampilkan gambar/foto keluarga
2)      Guru meminta kepada siswa untuk memperhatikan gambar yang ditampilkan, dan menanyakan kepada siswa tentang isi di dalam foto tersebut  
3)      Guru mendemonstrasikan atau menjelaskan materi yang berkaitan dengan gambar  ( IPS )
Elaborasi
4)      Dari penjelasan guru, siswa dapat mengenal kedudukan dan peran ayah, ibu dan anak di dalam keluarga ( IPS )
5)      Dari gambar yang diamati, guru bertanya kepada murid :
·         apa yang dimaksud dengan dokumen keluarga? ( IPS )
6)      Setelah murid menjawab pertanyaan, guru menjelaskan pengertian dokumen. ( IPS )
7)      Guru menyebutkan macam – macam dokumen, dengan terlebih dahulu menanyakan kepada beberapa siswa apa saja macam – macam dokumen itu.( IPS )
8)      Siswa mendengarkan teks yang dibacakan oleh guru yang berjudul “Foto yang Buram” ( Bahasa Indonesia )
9)      Dari teks tersebut, siswa dapat mengenal dokumen apa saja yang berkaitan dengan teks. ( IPS )
10)  Guru menjelaskan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari) yang berkaitan dengan cerita /teks sebelumnya. ( IPA )
Konfirmasi
11)  Guru menanyakan kembali kepada semua siswa apa – apa saja kedudukan  dan peran ayah, ibu dan anak di dalam keluarga. (IPS)
12)  Guru menanyakan kembali juga pengertian dokumen dan macam – macam dokumen.( IPS )
13)  Guru menanyakan kembali kedudukan matahari pada pagi hari, siang hari dan sore hari.( IPA )
14)  Guru memasang gambar kedudukan matahari pada pagi hari, siang hari dan sore hari,  kemudian menyuruh murid secara bergantian untuk memasang / mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis sesuai dengan penamaannya ( Metode Gambar & Gambar )
15)  Guru mengkroscekkan gambar dengan bertanya kepada murid alasan pengurutan gambar ( Metode Gambar & Gambar )
16)  Dari alasan / urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep / materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
( Metode Gambar & Gambar )
3.        Kegiatan Akhir/ Penutup (15 menit)
1)      Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan pelajaran.
2)      Guru bersama-sama dengan siswa menyanyikan lagu gelang sipatu gelang.
3)      Guru mengajak murid membaca doa sebelum pulang.

Pertemuan 2 ( 2x35 menit )
            1.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
·       Salam, Do’a, Presensi, mempersiapkan alat peraga, dan mempersiapkan siswa untuk belajar baik secara fisik maupun mental.
·       Menjelaskan / menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan Pembelajaran yang akan disampaikan
·       Menanyakan kepada siswa apakah ada tugas atau PR pada pertemuan sebelumnya
·       Jika ada, meminta kepada siswa untuk mengumpulkan tugas tersebut.
·       Guru menyiapkan tongkat berbicara
            2.      Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
·        Guru meminta kepada siswa agar fokus terhadap teks yang akan dibacakan. ( Bahasa Indonesia )
·        Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru. ( Bahasa Indonesia )
Elaborasi
·        Berdasarkan teks, guru menjelaskan cara memelihara dokumen dan pentingnya memelihara dokumen yang terlebih dahulu menanyakan kepada siswa sejauh apa siswa mengenal cara memelihara dokumen.
 ( IPS )
·        Guru menampilkan gambar yang berkaitan dengan pengalaman yang sering dialami oleh siswa. ( IPS )
·        Kemudian guru meminta kepada beberapa siswa untuk menjelaskan maksud dari gambar yang ditampilkan. ( Bahasa Indonesia )
·        Dari penjelasan siswa tersebut guru member penguatan terhadap siswa yang memberi anggapan
·        Siswa menyampaikan cerita sesuai dengan pengalaman masing-masing ( ulang tahun, mendapat adik baru, dsb). ( IPS )
·        Guru selanjutnya mengaitkan materi ips dengan ipa dengan cara menayangkan cerita atau teks. ( Bahasa Indonesia )
·        Guru menjelaskan perbedaan panas matahari pagi, siang dan sore hari, yang terlebih dulu menanyakannya kepada beberapa siswa. ( IPA )
Konfirmasi
·         Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru. ( Metode Tongkat Berbicara )
·         Siswa melakukan hal tersebut dengan di iringi lagu “ Pergi Belajar “
·         Guru mengkroscekkan jawaban siswa dengan memberikannya penguatan.
            3.      Kegiatan Akhir/ Penutup (15 menit)
1.      Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan pelajaran.
2.      Guru memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah.
3.      Guru bersama-sama dengan siswa menyanyikan lagu “Gelang Sipatu Gelang
4.      Guru meminta kepada ketua kelas untuk membaca doa.
I.       Alat dan Sumber Belajar
a.       Buku Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik kelas II semester 2
b.      Presensi
c.       Poster / gambar
d.      Kisi – kisi LKS dan Evaluasi
e.       Lembar Kerja Siswa
f.       Evaluasi
g.      Kunci LKS & Kunci Evaluasi
h.      Microsoft office Power Point
i.        Proyektor
j.        Netbook


J.       Penilaian
 Tekhnik       : Tes lisan, Tertulis
Bentuk        : Teks, Mengisi tabel, Mencocokan dan Isian
Soal & Instrumen ( terlampir )



























LAMPIRAN
MATERI PEMBELAJARAN PERTEMUAN 1

1.1.1.1  Menjelaskan kedudukan dan peran ayah, ibu dan anak dalam keluarga ( IPS )

Didalam keluarga, ayah berkedudukan sebagai kepala keluarga.
Peran ayah yaitu mencari nafkah.

Ibu berkedudukan sebagai pengelola rumah tangga
Peran ibu yaitu mengatur atau mengelola rumah   tangga

                                    Anak berkedudukan sebagai anggota keluarga.
                                    Peran anak dalam keluarga yaitu membantu orang tua.

1.1.1.2  Menjelaskan pengertian dokumen ( IPS )
Dokumen ialah benda yang dapat dipakai sebagai bukti keterangan.
1.1.1.3  Menjelaskan macam – macam dokumen ( IPS )
Macam - macam dokumen
dokumen dalam keluarga ada yang berbentuk surat atau foto keluarga adapun contoh – contoh dokumen ialah sebagai berikut :




Akta kelahiran                      Kartu Keluarga                       Poto album
Foto yang Buram

Ulang tahun yang lalu, Dino mendapat kamera saku dari ayahnya. Dino dan Dani mencoba kamera tersebut. Mereka memotret benda2 yang ada disekeliling. Dino dan Dani tidak memperhatikan sore yang semakin gelap. Cahaya matahari semakin redup. Tiba2 ayah Dino menghampiri mereka.

“sedang memotret apa, No?” tanya ayah.
“aku ingin memotret kucing itu, Yah.” jawab Dino.
“oh, begitu. Tapi, kenapa kamu tidak menggunakan lampu kilat?” tanya ayah lagi.
Dino dan Dani tidak mengerti maksud ayah Dino.
“mengapa harus menggunakan lampu kilat?”tanya Dani

“dani, jika ingin membuat foto yang terang diperlukan cahaya. Jika cahaya matahari masih cukup terang, kamu bisa menggunakan cahaya matahari.
Namun, jika cahaya matahri sudah redup seperti sekarang, kalian harus menggunakan lampu kilat,” jawab ayah panjang lebar.
“yaa, berarti poto kita tadi buram semua semua,” pikir Dino.
Mereka pun merasa kecewa.
Tetapi, ayah menghibur mereka.

Ayahpun mengajari mereka memotret menggunakan lampu kilat. Kemudian mereka memotret berbagai benda yang terlihat menarik.
Merekapun memotret hingga matahri terbenam .
Namun, mereka pun tidak khawatir lagi. Bukankah mereka sudah menggunakan lampu kilat?

Setelah mereka mencuci poto tersebut dan ingin memasukkannya kedalam album poto, banyak hasil yang kurang memuaskan karena mereka memotret sebelum menggunakan lampu kilat, tapi berkat ayah Dino, banyak juga poto yang bagus karena sudah menggunakan lampu kilat. Mereka pun senang.

1.1.1.1  Membedakan kedudukan matahari pada pagi hari ( IPA )
1.1.1.2  Membedakan kedudukan matahari pada siang hari ( IPA )
1.1.1.3  Membedakan kedudukan matahari pada sore hari ( IPA )

Pada pagi hari posisi matahari terlihat rebah, kenapa ?
Posisi demikian menyebabkan cahaya jatuh di daerah yang luas. Akibatnya, cahaya yang dipancarkan tidak terlalu kuat.

Pada siang hari, posisi matahari tepat berada diatas kepala.
Posisi demikian menyebabkan cahaya jatuh di daerah yang lebih sempit. Akibatnya, cahaya yang dipancarkan terasa sangat kuat.

Pada sore hari, matahari terlihat bergeser lagi.
Posisi matahari terlihat rebah dan berlawanan arah dengan saat pagi hari. Cahaya matahari saat sore tampak redup.

Cahaya siang hari

Cahaya sore hari
Cahaya pagi hari








           






KISI-KISI LKS dan EVALUASI

Indikator
Tujuan Pembelajaran
LKS / Evaluasi dan Butir Soal
Kunci LKS & Evaluasi
Ranah Kognitif
Nilai
1.1.1.1  Mengenal kedudukan dan peran ayah, ibu dan anak di dalam keluarga


1.1.1.2  Menjelaskan pengertian dokumen


1.1.1.3  Menjelaskan macam – macam dokumen

1.1.1.4  Membedakan kedudukan matahari pada pagi hari



1.1.1.5  Membedakan kedudukan matahari pada siang hari



1.1.1.6  Membedakan kedudukan matahari pada sore hari



1.1.1.7  Menceritakan kembali teks yang didengar


1.1.1.8   Menjawab pertanyaan berdasarkan teks



1.1.1.9  Mengenal pentingnya memelihara dokumen


1.1.1.10   Membedakan panas matahari pagi hari.


1.1.1.11   Membedakan panas matahari siang hari


1.1.1.12   Membedakan panas matahari sore hari.
·         Siswa dapat mengenal kedudukan dan peran ayah, ibu dan anak dalam keluarga

·         Siswa dapat menjelaskan pengertian dokumen

·         Siswa dapat menjelaskan macam – macam dokumen

·         Siswa mampu membedakan kedudukan matahari pada pagi hari

·         Siswa mampu membedakan kedudukan matahari pada siang hari


·         Siswa mampu membedakan kedudukan matahari pada sore hari

·         Siswa mampu mendengar dengan baik teks yang dibacakan oleh guru
·         Siswa mampu  menjawab pertanyaan berdasarkan teks.
·         Siswa dapat menjelaskan pentingnya memelihara dokumen

·         Siswa mampu membedakan panas matahari pagi hari.

·         Siswa mampu membedakan panas matahari siang hari

·         Siswa mampu membedakan panas matahari sore hari.
LKS 1 : Bagian b, Butir soal 1-4



Evaluasi : Butir soal 1



Evaluasi : Butir soal 3



LKS : Butir soal a (1) dan Evaluasi : Butir soal 4 (a)

LKS : Butir soal a (2) dan Evaluasi : Butir soal 4 (a)

LKS : Butir soal a (3) dan Evaluasi : Butir soal 4 (b)

LKS 2 : Butir soal a-e


LKS 2 : Butir soal a-e



Evaluasi : Butir soal 2




Evaluasi : Butir soal 5(a)


Evaluasi : Butir soal 5 (b)


Evaluasi : Butir soal 5 (c)
LKS 1 : Bagian b, Butir soal 1-4



Evaluasi : Butir soal 1



Evaluasi : Butir soal 3



LKS : Butir soal a (1) dan Evaluasi : Butir soal 4 (a)

LKS : Butir soal a (2) dan Evaluasi : Butir soal 4 (b)

LKS : Butir soal a (3) dan Evaluasi : Butir soal 4 (b)

LKS 2 : Butir soal a-e


LKS 2 : Butir soal a-e



Evaluasi : Butir soal 2




Evaluasi : Butir soal 5(a)


Evaluasi : Butir soal 5 (b)


Evaluasi : Butir soal 5 (c)
Butir soal 1-4 = C1





C2




C2




LKS soal a (1) = C1

Evaluasi soal 4 (a) = C1

LKS soal a (2) = C1

Evaluasi soal 4 (a) = C1

LKS soal a (3) = C1

Evaluasi soal 4 (b) = C1

LKS soal a – e = C1



LKS soal a – e = C1




C2





C2




C2




C2





Soal :
1 = 2
2= 2
3=2
4=2




2






2





1



1




1



1




1



1




Soal
a= 2
b= 2
c= 3
d= 1
e=2

Soal
a= 2
b= 2
c= 3
d= 1
e=2

2







2






2





2






Nama : ...........................         Kelas: ........................                  Tgl: .....................

LEMBAR KERJA SISWA 1

a.      Pasangkan / cocokkan gambar di bawah dengan namanya !
No.
Gambar
Cocokkan
Jawaban
1.




...
dengan
...
a. Siang hari
2.




...
dengan
...
b.      Sore hari
3.




...
dengan
...
c.       Pagi hari


U
B
T
S
 
















b.      Isilah titik –titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat.
1.     
                               Ayah berkedudukan di dalam keluarga sebagai…..





2.       
….. berperan di dalam keluarga sebagai pengatur atau pengelola rumah tangga

3.     
                                    Kakak berkedudukan di dalam keluarga sebagai….


4.       

                                    Adik berperan di dalam keluarga sebagai …..



KUNCI LKS 1
No.
Gambar
Cocokkan
Jawaban
1.




...
dengan
...
a. Siang hari
2.




...
dengan
...
a.       Sore hari
3.




...
dengan
...
b.      Pagi hari

U
B
T
S
 















1.     
 Ayah berkedudukan di dalam keluarga sebagai kepala rumah tangga


2.                                                            Ibu berperan di dalam keluarga sebagai pengatur atau pengelola rumah tangga


3.                                                            Kakak berkedudukan di dalam keluarga sebagai anggota keluarga


4.                                                                 Adik berperan di dalam keluarga sebagai membantu orangtua















LEMBAR KERJA SISWA 2

Pertanyaan lisan :

Minggu depan Sinta ulang tahun.
Ibu dan ayah ingin mengadakan sebuah pesta kecil dirumah.
Ibu dan bibi Novi membuat kue Tart.
Ayah dan paman Noval membelikan peralatan dekorasi pesta.
Pita, renda, dan balon dipasangkan. Aku memilih kado untuk Sinta
                             Pesta ulang tahun Sinta berlangsung meriah
                             Teman – teman Sinta berkumpul, semuanya bergembira.
            Paman anto sibuk memotret. Selesai pesta, foto – foto segera dicetak.
Keesokan harinya, foto – foto itu sudah jadi
Kami akan melihat foto – foto itu.
Kami merasa senang melihat foto – foto itu.

a.       Siapakah yang berulang tahun?
b.      Siapakah yang membuat kue?
c.       Dekorasi apa saja yang dipasang di pesta?
d.      Apakah kamu memiliki foto yang sangat kamu sukai?
e.       Kapan foto tersebut diambil?


KUNCI LKS 2

a.       Siapakah yang berulang tahun? dan ada berapa semua orang yang terlibat dalam menyiapkan pesta selain Sinta?
Jawaban yang diharapkan :
Sinta, ada 5 orang.

b.      Siapakah yang membuat kue?
Jawaban yang diharapkan :
Ibu dan bibi Novi
c.       Dekorasi – dekorasi apa saja yang dipasang di pesta?
Jawaban yang diharapkan :
Pita, Renda dan Balon
d.      Apakah kamu memiliki foto yang sangat kamu sukai?
Jawaban yang diharapkan :
Ya / Tidak
e.       Kapan foto tersebut diambil?
Jawaban yang diharapkan :
Pesta ulang tahun, liburan, dll



















Nama : ...........................      Kelas: ........................             Tgl: ..........................


EVALUASI ( THB )

1.      Benda yang dapat dipakai sebagai bukti keterangan adalah …..
2.      Dokumen keluarga harus dipelihara agar tidak mudah …..
3.      Isilah nama dokumen dibawah  ini dengan jawaban yang tepat !
a.      
Dokumen  ini adalah .......




b.     
                                                   Dokumen ini adalah .......



4.      isilah titik – titik dibawah ini.
a.       Matahari terbit di sebelah Timur saat Pagi hari, dan tenggelam di sebelah … saat …
b.      Saat siang hari, matahari ada di … kepala kita.
5.      Bagaimanakah panas dan cahaya matahari saat :
a.       Pagi hari    :_______________________________________________________
 ________________________________________________________
b.      Siang hari  :_______________________________________________________
                                   _______________________________________________________
c.       Malam hari:_______________________________________________________
                                   _______________________________________________________

KUNCI EVALUASI ( THB )

1.      Benda yang dapat dipakai sebagai bukti keterangan adalah Dokumen
2.      Dokumen  keluarga harus dipelihara agar tidak mudah Rusak
3.      Isilah nama dokumen dibawah  ini dengan jawaban yang tepat !
a.      
Dokumen  ini adalah akta kelahiran




b.     
                                                   Dokumen ini adalah  kartu keluarga



4.      Isilah titik – titik dibawah ini.
a.       Matahari terbit di sebelah Timur saat Pagi hari, dan tenggelam di sebelah Barat saat Sore Hari
b.      Saat siang hari, matahari ada di atas kepala kita
5.      Bagaimanakah panas dan cahaya matahari saat :
a.      Pagi hari    : Panasnya terasa hangat
   Cahaya yang dipancarkan tidak terlalu kuat
b.      Siang hari  : Panas matahari saat siang hari sangat menyegat
Cahaya yang dipancarkan sangat kuat karena jatuh di daerah yang lebih sempit
c.       Sore hari  : panasnya tidak menyengat , dan cahayanya mulai redup
                                  



Pedoman Penskoran LKS 1

Bagian a
Deskripsi
Skor
Semua pasangan benar
4
Dua pasangan benar
3
 Satu pasangan benar
2
Tidak ada pasangan yang benar  namun siswa mencoba mengisi semua soal
1
siswa tidak menjawab semua soal
0
Bagian b
1
Siswa menjawab soal sesuai dengan yang diharapkan
2
Siswa menjawab soal tidak sesuai dengan yang diharapkan
1
Siswa tidak menjawab soal
0
2
Siswa menjawab soal sesuai dengan yang diharapkan
2
Siswa menjawab soal tidak sesuai dengan yang diharapkan
1
Siswa tidak menjawab soal
0
3
Siswa menjawab soal sesuai dengan yang diharapkan
2
Siswa menjawab soal tidak sesuai dengan yang diharapkan
1
Siswa tidak menjawab soal
0
Total skor LKS 1
10






Pedoman Penskoran LKS 2
No Soal
Kegiatan / Deskripsi
Skor
1.       
Siswa menjawab semua soal dengan tepat
2
Siswa hanya menjawab 1 soal
1
Siswa tidak menjawab soal
0
2.       
Siswa menjawab semua soal dengan tepat
2
Siswa hanya menjawab 1 soal
1
Siswa tidak menjawab soal
0
3.       
Siswa menjawab semua pertanyaan dengan tepat
3
Siswa hanya menjawab 2 pertanyaan
2
Siswa hanya menjawab 1 pertanyaan
1
Siswa tidak menjawab pertanyaan
0
4.       
Siswa menjawab pertanyaan l dengan tepat
1

Siswa tidak menjawab pertanyaan
0
5.       
Siswa menjawab pertanyaan dengan tepat
2

Siswa tidak menjawab pertanyaan dari guru
0
Total Skor menjawab dengan tepat
10












Pedoman Penskoran Evaluasi
1.
Siswa menjawab soal dengan benar
2

Siswa menjawab soal namun salah
1

Siswa tidak menjawab soal
0

2.
Siswa menjawab soal dengan benar
2

Siswa menjawab soal namun salah
1

Siswa tidak menjawab soal
0

3.
a.
Siswa menjawab soal dengan benar
2

Siswa menjawab namun salah
1

Siswa tidak menjawab isian
0

b.
Siswa menjawab soal dengan benar
2

Siswa menjawab namun salah
1

Siswa tidak menjawab isian
0

4.
Siswa menjawab semua isian dengan benar
3

Siswa hanya menjawab 2 isian dengan benar
2

Siswa hanya menjawab 1 isian dengan benar
1

Siswa Tidak menjawab soal / semua isian
0

5.
aaaa
Siswa menjawab dengan lengkap (Cahaya & panas Matahari pagi hari)
2
Siswa hanya menjawab salah satu (Cahaya / panas Matahari pagi hari)
1
Siswa tidak menjawab soal
0

Siswa menjawab dengan lengkap (Cahaya & panas Matahari siang hari)
2
Siswa hanya menjawab salah satu (Cahaya / panas Matahari siang hari)
1
Siswa tidak menjawab soal
0

Siswa menjawab dengan lengkap (Cahaya & panas Matahari sore hari)
2
Siswa hanya menjawab salah satu (Cahaya / panas Matahari sore hari)
1
Siswa tidak menjawab soal
0
Total skor yang dijawab dengan tepat
17






Skor Maksimal LKS 1 – LKS 4                  
LKS 1 = 10
LKS 2 = 10
Total   = 20

Nilai Skor =  x 100


Total Skor Evaluasi = 17
Nilai Skor =  x 100




        Tarakan, 14 November 2011



Mengetahui,
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Kelas



Muhsinnah Annisa, M.pd                                                                   Ramlah
NIP : 001923455666                                                                NPM : 10601050033